Jumat, 17 Januari 2014

Leave a Comment

Parity



¤ Teknik Digit
PARITY
( P A R I T A S )

Parity merupakan bilangan biner yang ditambahkan untuk meyakinkan bahwa jumlah bit yang dikirimkan mempunyai angka 1 yang selalu genap atau ganjil. Ada dua varian parity, yaitu even parity dan odd parity.
Even parity diset ke 1 jika jumlah angka 1 yang dikirimkan berjumlah ganjil (berarti membuat total angka 1 berjumlah genap). Odd parity akan diset ke 1 jika jumlah angka 1 yang dikirimkan berjumlah genap (berarti membuat total angka 1 berjumlah ganjil). Berikut gambaran even dan odd parity:


Gambar even parity


 
 Gambar odd parity

Jika jumlah bit ganjil (termasuk bit parity) berubah pada waktu transmisi, maka parity menjadi tidak benar dan mengindikasikan adanya kesalahan pada waktu pengiriman. Oleh karena itu, parity merupakan kode pendeteksi kesalahan (error detecting code), dan bukan merupakan kode pengoreksi kesalahan (error correcting code) karena tidak ada cara untuk menentukan bit mana yang keliru. Data harus diabaikan seluruhnya dan mengulangi lagi transmisi dari awal. Parity mempunyai keuntungan, yaitu hanya menggunakan satu bit saja dan membutuhkan satu saja gerbang XOR untuk men-generate-nya.

 Gambar parity


Lengkapnya silahkan kunjungi : 
Ucapan terima kasih yang sebesar - besarnya saya berikan kepada Bapak Aris Zainul Muttaqin S.T., M.T.l selaku dosen mata kuliah Mekatronika Di Teknik Mesin Universitas Jember yang telah menyajikan materi perkuliahannya dalam bentuk video, sehingga saya bisa menyelesaikan ringkasan yang ala kadarnya ini

0 komentar:

Posting Komentar